Bukan Matematika, Orang Tua Kenkulus Bayi Jenius Lebih Menekankan Pelajaran Ini Pada Anaknya

Bukan Matematika, Orang Tua Kenkulus Bayi Jenius Lebih Menekankan Pelajaran Ini Pada Anaknya

Malanginspirasi.com – Kenkulus, bayi dari pasangan Cika dan Kevin belakangan ini menarik atensi publik lantaran gemas dan kecerdasannya. Dalam video yang viral di TikTok terlihat ia sudah bisa menebak huruf dan membaca. Padahal usianya masih 21 bulan.

Saat ditanya apakah Cika dan Kevin selaku orang tua Kenkulus mengajarinya matematika dan sain sejak dini, mereka pun memberi jawaban yang tidak terduga.

Melalui podcast dalam YouTube @CURHAT BANG Denny Sumargo, Cika mengaku lebih menekankan pelajaran adab dan takut akan Tuhan pada anaknya.

“Kalau kayak gini (matematika) ntar dia juga dapet di sekolah kalau sudah besar. Tapi adab itu yang lebih penting untuk kita ajarkan sebagai orang tua. Masak ya, Kak, dia lewat anjing aku aja permisi dulu,” terang Cika.

Ia dan suaminya pun sepakat berpendapat bahwa ketika anak takut pada Tuhan, maka si kecil akan takut untuk berbuat buruk. Sedangkan dengan dengan adab yang baik maka buah hati akan senantiasa menjaga perilaku dan perbuatannya.

“Ken itu sudah bisa ngambil minum sendiri. Dia ambil gelas terus ambil air di dispenser dan minumnya sambil duduk. Dia kalau makan sama minum selalu sambil duduk tanpa disuruh,” imbuh Cika.

Selain adab dan takut pada Tuhan, alih-alih pintar matematika, Cika lebih juga lebih senang jika Ken memiliki nalar yang baik.

“Nalar dia itu jalan. Masa ya, Kak, anak aku masih 21 bulan waktu itu dia main bolanya masuk ke kolong. Terus dia minta sapu. Gagangnya yang panjang dia pakai buat ambil bolanya. Waktu itu aku mikir buat apa anak aku minta sapu, ternyata buat ini,” cerita Cika.

Ia pun menambahkan bahwa kalau hanya sains seperti yang dipahami anaknya saat ini dan menjadi viral, itu tidak terlalu penting. Karena ibu 1 anak ini menganggap hal ini kelak akan diterima anaknya di bangku sekolah. Namun cara berpikir dan penalaran adalah hal dasar yang lebih penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *