Konsumsi Kopi yang Aman dalam Sehari? Ini Batasannya

Ilustrasi konsumsi kopi yang aman dalam sehari. (Sumber: freepik.com)

Malanginspirasi.com — Kopi menjadi opsi minuman favorit sumber energi yang menunjang aktivitas sehari-hari. Namun, berapa banyak konsumsi kopi yang aman dalam sehari? Apakah ada batasnya? Berikut penjelasan dari para ahli mengenai konsumsi kopi yang ideal.

Dampak Negatif Jika Konsumsi Kopi Berlebihan

Kafein adalah stimulan yang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat. Meskipun memberikan dorongan energi, kelebihan kafein bisa mengganggu keseimbangan tubuh.

Gangguan sistem kardiovaskular

Kafein merangsang pelepasan hormon adrenalin yang meningkatkan kerja jantung. Sehingga dapat menyebabkan jantung berdebar-debar (palpitasi) dan peningkatan denyut jantung. 

Gangguan Kecemasan

Konsumsi kopi dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter tertentu di otak yang memicu respons stres. Bagi sebagian orang, hal ini bisa memperburuk kecemasan, kegelisahan, atau perasaan gugup yang ada.

Gangguan sistem pencernaan

Efek samping lain yang sering terjadi akibat konsumsi kopi berlebihan adalah gangguan pencernaan, seperti nyeri perut dan asam lambung. Kafein merangsang produksi asam lambung yang berlebihan. Sehingga dapat memperburuk kondisi gastroesophageal reflux disease (GERD). Gejala ini biasanya menimbulkan sensasi terbakar di dada dan mulut yang terasa asam.

Insomnia

Meminum kopi saat sore atau malam dapat mengganggu pola tidur. Zat kafein menghambat kerja adenosin, senyawa yang bertanggung jawab untuk membuat kita merasa mengantuk.

Efek neurotik

Dalam kasus yang ekstrim, konsumsi kafein dalam dosis yang sangat tinggi bisa menyebabkan efek neurotoksik, seperti tremor, mual, dan muntah.

Ketergantungan

Semakin sering kita minum kopi, maka tubuh akan melakukan adaptasi akan asupan kafein yang bisa mempengaruhi badan. Sehingga intensitas konsumsi kopi terus bertambah.

Berapa Banyak Kopi yang Aman untuk Diminum?

Menurut FDA (Food and Drug Administration), orang dewasa umumnya aman mengonsumsi hingga 400 mg kafein per hari, setara dengan sekitar empat cangkir kopi tubruk ukuran sedang (180 ml per cangkir) atau tiga gelas kopi susu kekinian ukuran reguler (300 ml per gelas). 

Batasan untuk wanita hamil dan kelompok yang sensitif

Untuk wanita hamil, batas konsumsi kafein yang direkomendasikan lebih rendah, yaitu sekitar 200 mg per hari atau setara dengan dua cangkir kopi. Hal ini didasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan resiko keguguran dan komplikasi kehamilan lainnya. Demikian pula untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti GERD, gangguan tidur, atau penyakit jantung.

Tinggalkan Komentar