Starlink Dapatkan Izin Beroperasi di Indonesia

Malanginspirasi.com – Unit satelit SpaceX milik Elon Musk, Starlink, telah mendapatkan izin beroperasi di Indonesia, begitu sebut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi kepada Reuters, Kamis (9/5).

Starlink telah memperoleh izin untuk beroperasi sebagai penyedia layanan internet untuk konsumen ritel dan telah diberikan lampu hijau untuk menyediakan jaringan, setelah mendapat izin terminal bukaan sangat kecil (VSAT), kata Menteri Budi Arie Setiadi dalam sebuah wawancara.

Indonesia merupakan negara ketiga di Asia Tenggara tempat Starlink akan beroperasi.

Malaysia mengeluarkan lisensi kepada perusahaan tersebut untuk menyediakan layanan internet tahun lalu dan sebuah perusahaan yang berbasis di Filipina menandatangani kesepakatan dengan SpaceX pada tahun 2022.

“Starlink telah memenuhi seluruh persyaratan yang diperlukan untuk beroperasi secara komersial di Indonesia,” kata Budi tanpa merinci nilai investasinya.

Perusahaan ini akan melakukan uji coba di ibu kota baru Indonesia, Nusantara bulan ini dan peluncurannya diharapkan setelahnya, kata Budi.

Sidangnya akan berlangsung selama seminggu, tambahnya.

Starlink akan bekerja sama dengan penyedia akses jaringan lokal ketika beroperasi di Indonesia untuk mematuhi peraturan negara.

Pemerintah mengharapkan Starlink dapat menyediakan layanan internet hingga ke pelosok Indonesia, tambahnya.

Sebagai informasi, Starlink milik SpaceX memiliki sekitar 60 persen dari sekitar 7.500 satelit yang mengorbit bumi, dominan di bidang internet satelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *