Efektif! 4 Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone

kecanduan smartphone
Ilustrasi 4 cara mengatasi kecanduan smartphone. (Sumber: freepik.com)

Malanginspirasi.com — Seiring dengan kemajuan teknologi, kecanduan smartphone menjadi hal yang banyak ditemui saat ini. Sebuah survey yang dilakukan oleh Tung Wah Group di Hong Kong, menunjukkan bahwa 63,4% responden mengakui kecanduan smartphone. Sementara itu sebanyak 28,5% orang tua melaporkan hubungan mereka dengan anak merenggang karena smartphone. 

Kecanduan ini tak hanya berdampak buruk pada kualitas tidur saja melakukan sampai pada hubungan sosial. Berikut adalah 4 cara untuk membantu mengurangi penggunaan smartphone yang berlebihan.

1. Membatasi Waktu Penggunaan Smartphone

Membatasi waktu kita menggunakan smartphone bisa memberikan efek signifikan dalam mengurangi kecanduan. Berikut langkah yang bisa diterapkan:

  • Atur jadwal penggunaan: Menetapkan waktu khusus untuk menggunakan smartphone dapat meminimalkan kontak kita dengan smartphone. Misalnya sejam saat pagi, dan sejam saat malam. Durasi juga bisa dikurangi secara perlahan.
  • Gunakan fitur “Screen Time”: Memanfaatkan fitur Screen Time pada ponsel dapat memberikan informasi berapa waktu yang kita dihabiskan di smartphone.

  • Prioritaskan aktivitas lain: Pastikan untuk fokus pada aktivitas nyata dan menikmatinya tanpa mengecek smartphone. Terutama saat makan, cobalah untuk menikmati makanan kita tanpa perlu berselancar di media sosial.
  • Buat zona bebas ponsel: Tetapkan area tertentu di rumah yang tidak memperbolehkan untuk menggunakan ponsel, seperti meja makan.

2. Temukan Aktivitas Alternatif

Kecanduan smartphone

Untuk mengurangi keinginan memegang hp tiap saat, temukan aktivitas lain yang lebih produktif sebagai pengganti. Berikut beberapa aktivitas alternatif yang sama menyenangkannya:

  • Kegiatan fisik: Cobalah untuk mulai berolahraga. Mulai dari yang mudah dan sederhana, seperti jogging dan berjalan pagi.
  • Kegiatan sosial: Berinteraksilah dengan teman maupun keluarga secara nyata tanpa ponsel. Bertemu langsung dan membicarakan topik yang menyenangkan.
  • Hobi baru: Mempelajari keterampilan baru seperti memasak atau berkebun bisa menjadi cara terbaik untuk mengisi kebosanan.

3. Hindari Multitasking

Multitasking sering dianggap kegiatan produktif, tapi kenyataannya dapat mengurangi kualitas pekerjaan yang dilakukan. Berikut adalah cara menghindari multitasking dan meningkatkan fokus:

  •  Kerjakan satu hal dalam satu waktu: Misalnya saat makan jangan dilakukan sambil menonton video di ponsel.
  • Gunakan teknik pomodoro: Teknik ini merupakan sistem bekerja selama 25 menit kemudian beristirahat selama 5 menit.

4. Matikan Notifikasi

Kecanduan smartphone

Notifikasi yang muncul dapat menjadi distraksi dan merayu kita untuk membuka ponsel. Untuk mengurangi gangguan ini, coba terapkan langkah dibawah ini:

  • Sesuaikan pengaturan notifikasi: Matikan notifikasi dari aplikasi yang tidak terlalu penting.
  • Do not disturb: Aktifkan mode ini ketika sibuk dan beristirahat agar tidak menjadi gangguan.
  • Batasi notifikasi media sosial: Atur notifikasi untuk pesan dan panggilan saja. Bisukan notifikasi dari media sosial lainnya.

Kesimpulan

Mengurangi kecanduan akan smartphone memang memerlukan pendekatan yang perlahan dan komitmen yang kuat. Karena yang kita ubah adalah kebiasaan, menerapkan empat cara diatas secara konsisten dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap smartphone secara signifikan. 

Cara-cara diatas tidak hanya membantu mengurangi kecanduan, tapi juga mendorong kita untuk lebih menikmati hidup secara nyata.

Tinggalkan Komentar