4 Hal yang Membuatmu Tidak Perlu Merasa Gak Enakan

4 Hal yang Membuatmu Tidak Perlu Merasa Gak Enakan

Malanginspirasi.com – Merasa bersalah dan gak enakan sering kali dialami orang yang menimbulkan ketidaknyamanan. Padahal, masing-masing orang memiliki emosi yang berbeda dalam menghadapi sesuatu sehingga memberikan respon yang berbeda pula atas permasalahan yang ada.

Menurut Instagram @apdcindonesia, ada beberapa kondisi dimana kamu sebenarnya tidak perlu lho merasa tidak enakan. Apa sajakah itu? Simak dalam uraian berikut, ya!

1. Berkata TidakSay No

Dalam berbagai kesempatan, sebagain orang sulit sekali berkata tidak karena merasa gak enakan. Padahal, kamu berhak untuk menolak permintaan atau perintah yang membuatmu tidak nyaman.

Contohnya saat kamu merasa lelah lalu ada temanmu yang mengajakmu bermain, kamu tidak perlu ragu untuk menolaknya karena tubuhmu butuh istirahat.

Contoh lain misalnya ada yang memintamu untuk menjadi ketua organisasi atau acara tertentu, kamu tidak perlu sungkan untuk menolak bila merasa tidak mampu. Hal ini lebih baik daripada menimbulkan hasil tidak maksimal dari kepemimpinan yang tidak sanggup kamu lakukan.

2. Membuat BatasanMembuat batasan

Selanjutnya adalah membuat batasan yang menurutmu menggangu. Misalnya kamu berhak untuk istirahat sejenak dari media sosial tanpa merasa tertinggal. Tidak semua hal perlu kamu ketahui dan terlalu banyak menyerap informasi bisa membuatmu lelah.

Kamu juga bisa membisukan atau berhenti mengikuti beberapa akun yang sering menyebarkan hal negatif di media sosial.

Selain itu, kamu juga perlu membuat batasan dengan siapa kamu harus bergaul. Menjauhlah perlahan dari circle yang toksik dan memberimu pengaruh buruk. Memilih-milih teman perlu dilakukan agar kesehatan mentalmu tetap terjaga.

3. BersantaiBersantai

Mirip seperti poin sebelumnya, jangan merasa takut tertinggal dan tidak keren karena kamu menikmati waktumu untuk bersantai. Ada kalanya kamu menolak dan membatasi diri untuk bergaul di saat tubuh atau psikismu butuh istirahat.

Di sisi lain, kamu juga tidak perlu bekerja terlalu keras hingga melupakan kesehatan. Beristirahat itu tidak dosa, kok. Selama kamu tahu kapan harus memulai kembali dan bersantaimu bukan karena malas-malasan, melainkan beristirahat untuk menyegarkan kembali fisik dan pikiran.

4. EmosionalEmosional

Jangan takut dibilang baperan karena kamu merasa emosional dalam menghadapi sebuah permasalahan. Setiap orang memiliki latar belakang keluarga, pendidikan, pergaulan, suku dan budaya yang berbeda sehingga akan menimbulkan emosional yang berbeda dalam menghadapi suatu isu tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *