Tak Hanya Soto, Ini 10 Kuliner Khas Lamongan yang Juga Wajib Dicoba

10 Kuliner Lamongan yang Wajib Dicoba Selain Soto

Malanginspirasi.com – Jika ada yang bertanya tentang kuliner Lamongan pasti kebanyakan orang akan langsung menjawab Soto Lamongan yang rasanya diminati oleh semua kalangan. Namun, tak hanya soto, masih banyak kuliner khas Lamongan lainnya.

Berikut 10 kuliner khas Lamongan yang wajib dicoba:

1. Sego Boran

Sego Boran atau Nasi Boran adalah makanan khas Lamongan yang wajib kamu coba selain sotonya.

Nama Boran berasal dari julukan wadah anyaman bambu yang dipakai sebagai piring nasi khas Lamongan satu ini.

Sego Boran mirip seperti nasi campur, dimana hidangan yang disajikan berupa daging sapi, ayam, jeroan, telur dadar, ikan bandeng, tahu, tempe, dan telur asin. Tidak hanya itu tambahan ikan sili semakin membuat rasa khas Sego Boran semakin nikmat.

2. Tahu Campur Lamongan

Makanan khas Kabupaten Lamongan yang tak kalah nikmatnya adalah Tahu Campur. Tak hanya di Lamongan, makanan satu ini sudah terkenal dan bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

Tahu Campur khas Lamongan punya keunikan tersendiri di cita rasanya. Hal ini berasal dari petis udang dan perkedel yang terbuat dari kacang tolo atau biasa disebut lentho, sebagai salah satu bahan baku pembuatan tahu campur.

Siraman kuahnya yang pedas dengan bumbu dan rempah serta bahan lainnya akan membuat lupa diri saking nikmatnya kuliner satu ini.

3. Pecel Lele Lamongan

Siapa yang tak kenal dengan kuliner satu ini? Pecel Lele Lamongan. Hidangan yang membuat orang semakin menambah nafsu makan karena sambelnya yang nikmat dipadukan gurihnya daging lele.

Tak hanya itu berbagai lalapan segar seperti mentimun dan kemangi juga semakin menambah cita rasa yang menjadikan hidangan semakin enak.

Kuliner dari Kabupaten Lamongan ini walaupun simpel cara membuatnya namun digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia.

4. Bandeng Colo

Lamongan terkenal dengan beragam ikan tambaknya, hal itu membuat ragam kulinernya kaya dengan olahan ikan, salah satunya adalah Bandeng Colo.

Sepintas tampilan Bandeng Colo mirip dengan Asem Bandeng. Namun kedua makanan ini memiliki rasa yang berbeda, Bandeng Colo memiliki cita rasa yang pedas dan tidak terlalu asam.

Paduan kuah kuning dengan berbagai bumbu dan rempah, ditambah sayuran dan ikan bandeng yang segar membuat cita rasa kuliner ini nikmat dan menyenangkan lidah.

Jika berkunjung ke Kabupaten Lamongan wajib coba Kuliner satu ini, terlebih saat hidangan disajikan dengan nasi yang masih hangat nikmat dan menggugah selera tentunya.

5. Rawon Khas Lamongan

Kuliner Rawon pasti mudah kita jumpai jika berada di Jawa Timur, termasuk saat berada di Lamongan. Nah untuk Rawon Lamongan sendiri memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh rawon-rawon lainnya, kekhasan itu terletak pada tambahan kunyit pada bumbunya. Selain menciptakan rasa yang lebih nikmat kuah Rawon Lamongan juga lebih pekat dan kaya rasa akan rempahnya.

Perpaduan kuah Rawon yang legit ini tentu saja akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi hangat, tauge, sambal terasi, kerupuk udang, tempe goreng, telur asin, dan tentunya dengan empal goreng yang sudah berbumbu. Dijamin perpaduan hidangan ini akan membuatmu ingin nambah lagi dan lagi.

6. Asem Bandeng

Banyaknya berbagai jenis ikan tambak membuat masyarakat Lamongan terampil untuk mengolah makanan, salah satunya Asem Bandeng.

Makanan khas Kabupaten Lamongan Jawa Timur ini memiliki cita rasa yang gurih, asin, dan tentu saja asam segar. Perpaduan ikan bandeng yang sudah diolah bercampur dengan rempah dan kuah beningnya akan membuatmu menelan ludah ingin segera menyantapnya.

7. Perkedel Lamongan

Lauk Perkedel merupakan hidangan pelengkap yang selalu menemani berbagai lauk lainnya, mulai dari nasi kuning, nasi uduk sampai dengan rawon.

Walaupun banyak ditemui di berbagai daerah, Perkedel Lamongan memiliki rasa khasnya tersendiri. Hidangan yang menggunakan bahan baku kentang ini diolah dengan rempah-rempah sehingga membuat rasanya lebih nikmat dan nendang.

8. Dawet Siwalan

Tak hanya makanannya yang beragam, Kabupaten Lamongan juga kaya akan ragam minuman khas, salah satunya adalah Dawet Siwalan.

Pembuatan minuman ini menggunakan santan dan gula merah sebagai bahan dasarnya. Tidak hanya itu saja, potongan siwalan tentunya semakin membuat perpaduan rasa yang sempurna dan menyegarkan.

Dengan kesegaran yang ditawarkan, tak heran jika Dawet Siwalan menjadi incaran sebagai pelepas dahaga di Kota Lamongan. Untuk itu jika kamu berkunjung ke kota soto ini akan semakin lengkap rasanya jika mencicipi Dawet Siwalan.

9. Wingko Babat

Salah satu makanan khas Lamongan selanjutnya adalah Wingko Babat. Wingko Babat merupakan salah satu jajanan khas yang bisa kamu nikmati sebagai teman teh atau kopi. Jajanan khas satu ini biasanya dijadikan oleh-oleh juga lho.

Nama “Babat” sendiri berasal dari nama daerah Babat, sebuah daerah kecil di Kabupaten Lamongan. Dan Wingko sendiri berarti makanan atau camilan yang mudah dibawa kemana-mana.

Karena bahan utama Wingko Babat terbuat dari tepung ketan, gula dan parutan kelapa menjadikan perpaduan rasa yang manis gurih di lidah.

10. Jumbrek

Kuliner khas Lamongan terakhir yang kita bahas adalah Jumbrek. Jumbrek sendiri merupakan jajanan yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa, gula merah siwalan yang sangat khas.

Jika musim nangka tiba, biasanya Jumbrek juga dicampur potongan nangka untuk menciptakan rasa yang semakin beragam.

Selain bahan-bahan jumbrek yang membuat cita rasanya khas, jajanan satu ini juga dibungkus dengan daun lontar yang dibentuk kerucut, hal ini semakin menambah kenikmatan jajanan Jumbrek.

Pastikan kamu tidak melewatkan jajanan enak satu ini ya jika sedang berkunjung ke Kabupaten Lamongan. Cita rasa yang manis bercampur buah nangka dengan tekstur yang halus dan sedikit kenyal akan memanjakan lidahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *