Bukan Pacaran Islami, Ini Proses Ta’aruf yang Benar Sesuai Syariat

Bukan Pacaran Islami, Ini Proses Ta’aruf yang Benar Sesuai Syariat

Malanginspirasi.com – Istilah ta’aruf semakin populer belakangan ini. Terlebih sejak banyaknya muda-mudi menjadikan hijrah seperti sebuah trend.

Namun, tahukah kamu apa itu ta’aruf?

Mengutip Instagram @taulebih.id, ta’aruf adalah rangkaian proses pranikah dalam Islam yang dilakukan oleh wanita dan pria. Langkah ini dimulai setelah khitbah (peminangan), maka keduanya akan menjalani proses ta’aruf (perkenalan).

Seperti yang tertuang di QS An-Nisa: 3, bahwa Allah mengatur proses pranikah dalam Islam agar kita bisa menikah dengan orang yang benar-benar disukai. Sehingga ada beberapa adab dalam berinteraksi dengan lawan jenis menurut panduan dalam sebuah proses ini, yaitu:

Pertama, selama ta’aruf, wanita dan pria hanya berfokus pada pengenalan karakter. Sehingga keduanya harus menjaga agar tidak keluar jalur.

Oleh karena itu, ta’aruf bukanlah obrolan atau chattingan berdua-duaan saja. Bukan pula obrolan kosong yang hanya sekedar candaan tanpa berusaha saling mendalami karakter masing-masing.

Kemudian dalam prosesnya, pihak perempuan harus selalu didampingi mahram atau mutual friend/mutual murabbi (guru). Sehingga proses komunikasi selama ta’aruf ini dilakukan melalui perantara.

Sementara itu, salah satu cara ampuh untuk mengenal karakter calon pasangan bisa dilakukan dengan berkomunikasi bersama anggota keluarga terdekat. Namun perlu diingat, berbincanglah dengan anggota keluarga calon pasangan yang berjenis kelamin sama. Misalnya, calon laki-laki bertanya mengenai calon perempuan kepada bapaknya atau saudara laki-lakinya.

Tak kalah penting, selama proses ta’aruf kedua belah pihak harus menjaga seluruh adab interaksi dengan lawan jenis seperti yang diajarkan dalam Islam. Seperti misalnya, ketika berhadapan dengan yang bukan mahram harus menutup aurat, menjaga pandangan, dan memperhatikan sopan santun.

Seperti istilah, tak kenal maka ta’aruf, karena dalam Islam tidak mengenal istilah pacaran. Oleh karenanya, ta’aruf bukan ajang modus strategis ke lawan jenis yang kece.

Ta’aruf adalah proses perkenalan yang diperbolehkan dalam Islam dan bersifat serius. Melalui ta’aruf ini kamu juga bisa mendapat bonus pengenalan dengan keluarga calon juga.

Namun perlu dicatat, tidak boleh adanya pelanggaran syariat. Karena Islam menginginkan umat muslim benar-benar mendapat pasangan yang diinginkan melalui proses yang telah disyari’atkan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *