Dilema Karena Ingin Resign dari Pekerjaan, Coba Terapkan Hal Ini untuk Kurangi Overthingkingmu

Dilema Karena Ingin Resign dari Pekerjaan, Coba Terapkan Hal Ini untuk Kurangi Overthingkingmu

Malanginspirasi.com – Resign dari pekerjaan adalah salah satu hal yang bisa membuat sebagian orang merasa bingung, cemas, dan galau. Berbagai pemikiran dilematis pun mulai menghantui.

Mulai dari nanti mau kerja apa, cari pekerjaan sekarang susah, hingga teman yang sebelumnya resign kini memilih kembali untuk bekerja di tempat yang sama.

Tentu semua ini bisa membuatmu bimbang. Kemantapan yang sebelumnya telah terkumpul bisa kembali goyah. Terlebih bisa sebelumnya memang masih bingung, hal ini pasti akan membuatmu semakin hilang arah dan cemas.

Bahkan tak jarang, mengambil keputusan untuk tetap bekerja di tempat sebelumnya atau resign ini sampai mempengaruhi keseharian seseorang.

Agar hal ini tidak terus berlanjut, lakukan hal berikut untuk mengatasi dilematis yang sedang dirasakan.

Mengutip Instagram @apdcindonesia, merasa hilang arah ini bisa disebabkan karena ketidakyakinan dengan apa yang diinginkan. Mungkin kamu tahu, tapi masih banyak ketakutan yang menghantui pikiranmu hingga membuatmu overthinking.

Mengajukan surat pengunduran diri
Mengajukan surat pengunduran diri membutuhkan pertimbangan matang.

Sehingga langkah pertama yang harus dilakukan adalah, yakinkan dirimu tentang apa yang mendorongmu untuk resign? Lalu kedua, bayangkan satu tujuan yang ingin dicapai pasca resign. Tentu semuanya dengan kesulitan dan kemudahan dari masing-masing keputusan yang diambil.

Contoh: misalnya kamu ingin pindah kantor atau memulai bisnis sendiri. Mari kita sebut langkah awal setelah resign ini sebagai titik X. Setelah memiliki 2 titik yang jelas, (bertahan atau titik X), pertimbangkanlah mana yang kamu anggap lebih sesuai dengan nilai hidupmu atau hal yang menurutmu penting.

Agar lebih mudah, coba lakukan 4 hal berikut ini:

  1. Buat 3 buah kolom
  2. Pertama, tulis semua yang kamu cari dalam bekerja. Tulis semuanya berdasarkan hal yang paling penting. Seperti: kestabilan finansial, relasi yang nyaman dan mendukung, ilmu baru, dll.
  3. Kedua: beri poin 0-10 untuk masing-masing kriteria yang ingin kamu capai dalam pekerjaanmu tersebut, bila kamu masih bertahan di kantormu yang sekarang.
  4. Ketiga: beri poin 0-10 untuk masing-masing kriteria yang ingin kamu capai dalam pekerjaanmu, bila kamu memulai titik X.
  5. Terakhir, bandingkan hasilnya.

Kolom-kolom ini akan membantumu untuk lebih mudah merilekskan pikiran sehingga bisa mengambil keputusan. Semoga hal ini bisa membantu dan mengurangi kecemasanmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *