Macam-Macam Tingkatan Empati, Penyebab Sering Merasa ‘Kasihan’ Saat Dicurhati Orang

Macam-Macam Tingkatan Empati, Penyebab Sering Merasa ‘Kasihan’ Saat Dicurhati Orang

Malanginspirasi.com – Dalam kehidupan sosial, kita seringkali mendengar atau melihat hal-hal yang menimbulkan kasihan. Terlebih dengan kemajuan teknologi dan media sosial, saat ini banyak sekali kejadian yang mudah viral.

Masing-masing orang seolah punya ruang untuk mengekspresikan emosinya dan mendapat banyak perhatian dari masyarakat luas.

Ketika mendengar atau melihat kejadian yang dialami orang lain, terkadang kita seolah memahami apa yang terjadi, atau mungkin jadi serasa ikut merasakannya, bahkan bisa juga sampai peduli ingin melakukan sesuatu.

Menurut Instagram @apdcindonesia, ada beberapa tingkatan ‘kasihan’ yang dialami seseorang.

Di tingkatan paling dasar atau tingkat pertama, seseorang akan merasa kasihan bila melihat sesuatu yang sedih atau pilu. Dalam tahapan ini, seseorang akan merasa ‘kasihan’ setelah melihat atau mendengar cerita orang lain.

Kemudian di tahap kedua dia akan bersimpati. Simpati akan membuat seseorang ‘memahami’ apa yang dirasakan atau dialami orang lain walau tidak merasakan atau mengalaminya secara langsung.

Lalu di tahap ketiga adalah empati. Di tahapan ini seseorang akan ‘merasakan’ perasaan orang lain. Hal ini bisa terjadi pengalaman yang sama atau emosi yang memang sudah lebih paham dengan kondisi orang lain.

Terakhir di tingkat tertinggi adalah kasih sayang. Ketika seseorang berada di fase ini, dia akan tergerak untuk membantu karena merasa peduli dengan kisah sedih orang lain. Kasih sayang membuatnya ingin menolong dan tidak membiarkan orang berada dalam kemalangan.

Demikian tingkatan emosi yang disebut empati yang dirangkum melalui Instagram APDC Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *