Bagaimana Cara Menjalin Kembali Persahabatan yang Putus?

Bagaimana Cara Menjalin Kembali Persahabatan yang Putus?

Malanginspirasi.com – Menjalin persahabatan selama bertahun-tahun dengan seseorang akan membuat ikatan emosi yang kuat di antara keduanya. Banyaknya momen dan emosi yang telah dilewati bersama memang akan menciptakan memori di benak masing-masing.

Sehingga tak heran bila perdebatan atau putusnya pertemanan bisa membuat seseorang merasa sedih, kecewa, dan sakit. Biasanya hal ini terjadi karena komunikasi yang buruk sehingga membuat hubungan merenggang.

Kesalahpahaman, masalah, dan kesibukan bisa menjadi penyebabnya. Terlebih di usia dewasa, seseorang bisa memiliki masalah yang lebih kompleks dibanding di usia sebelumnya.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki hubungan ini?

Melansir Instagram @apdcindonesia, persahabatan memang memiliki variabel bermakna hingga punya tempat yang spesial dalan hidup seseorang. Maka wajar bila seseorang merasa berat saat mengalami masalah hingga putusnya relasi dengan sesuatu yang bermakna ini.

Ia akan merasa hampa dan hidupnya tidak akan sama seperti dulu. Bila kamu sedang berada di masa ini, biarkan dirimu menerima semua perasaan hancur dan sakit yang dirasakan. Semua rasa tidak nyaman, tidak karuan, dan emosi lain adalah bagian yang harus kamu izinkan terjadi dalam hidupmu.

Lalu ambil jeda untuk merenung tentang masalah yang kamu alami dengan sahabatmu sambil melihat poin-poin berikut ini:

1. Apa makna persahabatan secara utuh yang dijalani selama ini? Ingat untuk melihatnya berdasarkan pengalamam beberapa tahun kebelakang dan tidak hanya berpaku pada kejadian yang baru saja terjadi.

2. Peran dan kontribusimu dalam masalah yang baru saja terjadi.

3. Apa alasanmu memaafkan diri sendiri dan sahabatmu? Ini juga menjadi poin penting agar kamu tidak larut dalam penyesalan.

4. Apa yang membuatmu berat untuk memulai komunikasi baru dengannya? Apa hal terburuk yang bisa terjadi bila kamu nyapa duluan? Dengan merenungi hal ini kamu akan lebih siap menghadapi masalah yang terjadi dan memudahkanmu dalam memulai langkah untuk memperbaiki hubungan di antara kalian.

Pertemanan semasa sekolah
Pertemanan yang terbangun semasa sekolah seringkali bertahan hingga bertahun-tahun sesudahnya. Pexels

Setelah selesai dengan 4 poin di atas, coba lakukan 4 langkah di bawah ini:

1. Tentukan waktu untuk memulai nyapa duluan. Kemudian lakukan. Sehingga sahabatmu tahu kamu sedang berupaya mencari solusi dari masalah yang sedang kalian hadapi.

2. Siapkan diri untuk hal di luar rencana dan ekspektasi. Segalanya bisa terjadi dalam proses memperbaiki hubungan ini. Mulai dari progres yang berjalan lambat, respon pasif, atau tertunda.

3. Jangan menganggap sahabatmu harus bertanggung jawab atas perasaanmu. Namun ambillah kendali atas dirimu sendiri agar tidak merasa semakin buruk.

4. Tetaplah menjadi diri sendiri. Tidak apa-apa bila dalam prosesnya kamu kembali melakukan kesalahan atau tidak perlu mengambil alih peran sahabatmu yang juga dibutuhkan untuk mencari solusi bersama. Terimalah sikap apa adanya dalam dirimu itu.

Setiap konflik yang teratasi, dan luka yang terobati, pasti akan membuat persahabatan kalian lebih berkualitas dan lebih kuat. Selamat mencoba dan berproses.

Semoga artikel ini bisa membantu permasalahanmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *