Akhir 2023 Lebih Bahagia, 3 Mindset Ini Akan Mengubah Hidup Jadi Lebih Tenang

Akhir 2023 Lebih Bahagia, 3 Mindset Ini Akan Mengubah Hidupku Jadi Lebih Tenang

Malanginspirasi.com – Hidup lebih tenang adalah harapan dan keinginan semua orang. Baik tua maupun muda, kaya maupun miskin, semuanya pasti menginginkan ketenangan hati.

Terlebih setelah merasa jatuh, sedih, dan terpuruk, setiap orang pasti menginginkan semua masalahnya segera berlalu. Namun ternyata, hidup lebih tenang sebenarnya dimulai dari cara berpikir yang benar, lo.

Berikut mindset atau cara berpikir yang benar agar memperoleh ketenangan dalam hidup.

1. Hebat

Banyak orang yang tidak merasa tenang dalam hidupnya karena merasa lebih kecil dan tidak sehebat orang lain. Padahal, menurut Instagram @apdcindonesia, alih-alih berpikir ‘aku tidak sehebat dia’, cobalah ganti pemikiran ini dengan ‘apa ya yang bisa kulakukan untuk membuat diriku bangga?’

Dalam pencarian jati diri, setiap orang memang berproses hingga akhirnya benar- benar mengenal dirinya. Sehingga lambat laun ia akan tahu apa hal yang sebenarnya membuatnya lebih bangga dan berharga.

2. Takut Gagal

Banyak orang yang merasa takut akan kegagalan. Sehingga ketakutan ini membuat orang tersebut menghabiskan waktu untuk berpikir akan sesuatu yang sebenarnya belum atau bahkan mungkin tidak akan terjadi.

Terlalu keras berpikir dalam ketakutan seperti ini tentu membuatmu tidak tenang.

Sehingga cobalah ubah pemikiranmu menjadi ‘kalau aku gak nyoba, darimana aku tau sejauh mana kemampuanku?’.

Pemikiran ini tentu lebih positif dan membuatmu tergerak untuk lebih percaya diri. Sehingga lambat laun kamu akan lebih berani untuk mengambil kesempatan dan mencoba hal baru.

Sukses
Menanamkan mindset sukses cepat atau lambat akan berbuah menjadi kenyataan. Foto: Lifegram

3. Menyerah

Ada kalanya usaha yang kamu lakukan tidak sebanding dengan hasil yang didapat. Di saat berjuang sudah begitu maksimal tetapi hasil masih meleset jauh dari ekspektasi, tentu hal ini akan mengecewakan.

Sehingga terkadang, muncul perasaan negatif bahwa semua ini sia-sia dan perjuanganmu tidak ada nilainya.

Namun, alih-alih berpikir seperti itu dan cobalah mengambil jeda sejenak. Tenangkan dirimu sambil mengelola pikiran agar tidak berpikir negatif dan katakan pada dirimu ‘kira-kira kejadian ini memberiku pelajaran apa  ya?’.

Dengan begitu kamu akan lebih tenang karena tidak terus-menerus menyalahkan diri sendiri dan merasa tidak berharga.

Semoga uraian ini bermanfaat agar bisa membuatmu lebih tenang, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *