Stres Karena Mengalami Kegagalan, Simak Tips Berikut Agar Tidak Larut dalam Kesedihan

Stres Karena Mengalami Kegagalan, Simak Tips Berikut Agar Tidak Larut dalam Kesedihan

Malanginspirasi.com – Ada kalanya kita merasa kesenangan dan kesedihan di saat yang bersamaan. Seperti saat gagal diterima di jurusan dan kampus favorit, atau saat mendengar kabar pernikahan teman.

Di satu sisi, kamu mungkin merasa sedih karena gagal dalam tes menuju kampus impian. Namun di sisi lain, kamu juga ikut merasa senang saat temanmu berhasil lolos di ujian tersebut.

Sama seperti saat satu per satu temanmu akhirnya menikah. Kamu ikut merasa senang dan bersyukur akan berita ini.

Namun di sisi lain, kamu juga merasa sedih karena belum kunjung mendapat jodoh. Terlebih bila sebelumnya kamu memang sudah punya niatan menikah tapi mengalami kegagalan.

Lantas apa yang harus dilakukan agar tidak terjebak dalam situasi ini?

Melansir Instagram @apdcindonesia, kegagalan memang bisa membuat seseorang sedih sekaligus kecewa. Namun semua ini adalah emosi valid yang terjadi pada semua orang. Karena biar bagaimanapun, kegagalan bukanlah hal yang mudah untuk diterima dan dihadapi.

Namun, momen ini akan membuat seseorang menjadi bertumbuh atau dalam ilmu psikologi dikenal dengan istilah ‘resiliensi’. Dimana hal ini adalah kondisi saat seseorang beradaptasi dengan baik ketika menghadapi suatu keadaan yang membuatnya stres atau tertekan.

Resiliensi akan membuat seseorang belajar dan memahami bahwa tidak semua kegagalan adalah hal yang buruk. Karena fase ini bisa membuatmu justru mendapat kesempatan untuk mengambil jeda dan lebih memahami apa saja yang perlu kamu perbaiki.

Sehingga akan ada fase dimana kamu memaknai kegagalan bukanlah penghambat dalam hidupmu. Melainkan sebuah proses untuk mengembangkan diri.

Cobalah lakukan 5 hal ini agar kamu bisa kembali bersemangat.

1. Ambil Jeda untuk Menenangkan Diri

Beri ruang untuk dirimu meraskan kesedihan dan kekecewaan tapi jangan berlarut-larut dalam kondisi ini, ya. Kamu harus mengambil kendali atas dirimu agar tidak dikuasai oleh emosi negatif ini.

2. Evaluasi Kegagalanmu

Coba renungkan kira-kira apa saja yang menjadi penyebab dari kegagalanmu. Kemudian perbaiki kesalahanmu agar tidak terulang kembali di masa depan.

Evaluasi diri
Melakukan evaluasi atas kegagalan yang dialami dapat menumbuhkan semangat baru untuk menjadi lebih baik. Shutterstock

3. Menyusun Rencana Baru

Breakdown rencana awal menjadi langkah-langkah kecil yang sederhana tapi bermakna.

4. Lakukan Aksi

Mulailah bergerak dan wujudkan rencana yang sudah kamu buat di poin ketiga.

5. Perkuat Support System

Terakhir yang tak kalah penting, perbaikilah hubungan dengan orang-orang di sekitarmu. Dengan begitu, lingkunganmu akan membantumu mengurangi stres dan membuatmu lebih bahagia.

Semoga 5 tips ini bermanfaat untuk mengatasi stres karena kegagalan yang kamu alami, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *